Selasa, 01 Oktober 2013

Pengertian Pernikahan

kali ini saya akan postingkan tentang sebuah pengalaman membaca saya ketika saya merasa sudah pengen nikah saya baca baca buku yang ada di rumah nenek saya waktu itu saya lagi iseng iseng pengen baca buku eh ternyata ada juga buku yang sangat menarik untuk saya baca yaitu tentang Bab nikah nikah memang susah susah mudah soalnya nikah adalah kehidupan kita yang akan memberi perubahan di dunia akhirat  kalo nggak salah itu juga.
kata nikah itu sama artinya dengan kawin, yaitu perjanjian antara laki - laki dan perempuan untuk berlaki bini,
nikah menurut bahasa adalah( (bahasa Arab) yang artinya berkumpul atau bersetubu, sedangkan menurut istilah adalah aqad yang menghalalkan pergaulan laki - laki yang bukan muhrim dan membatasi hak dan kewajiban masing - masing allah berfirman.


yang artinya : maka kawinilah wanita - wanita (lain) yang kamu senangi, dua atau tiga atau empat. kemudian jika kamu taku tidak akan dapat berlaku adil maka (kawinilah) seorang saja (An-Nisaa,3).
untuk membentuk suatu keluarga yang baik sehat dan kuat perlu adanya perkawinan, karena perkawinan itu merupakan asal usul terjadinya suatu keluarga.
laki - laki dan perempuan yang mengadakan hubungan sebagai suami istri di luar nikah, akan merusak diri sendiri dan mengaburkan keturunan. oleh sebab itu, kalau seseorang belum mampu untuk melangsungkan pernikahan, sebaiknya dia puasa agar hawa nafsu syahwat nya dapat dikendalikan. Rasulullah besabda :



Artinya :
"Hai pemuda - pemuda, siapa saja di antara kamu yang mampu dan berkeinginan untuk nikah, hendaklah dia nikah. karena sesungguhnya pernikahan itu akan memejamkan matanya terhadap seseorang yang tidak halal dilihatnya dan akan memeliharanya dari godaan syahwat. dan siapa saja yang atidak mampu nikah, hendaklah ia puasa karena hawa nafsunya terhadap perempuan akan berkurang" (H.R. Jam'aH)

apabila dengan jalan puasa tidak dapat mengekang hawa nafsu maka sebaiknya nikah saja dengan penuh harapan, bahwa pernikahannya itu akan membawa berkah . Rasulullah bersabda :




Artinya : "nikahlah Perempuan  - perempuan itu, maka sesungguhnya mereka akan mendatangkan harta (rezeki) bagi kamu." pilihlah perempuan yang saleh dan beragama, agar kehidupan rumah tangga lebih terjamin ketentramannya dan membawa berkah, Rasulullah bersabda :




Artinya : "Diriwayatkan dari Amru Ibnu Ash : Dunia itu harta benda dan sebaik - baiknya harta benda dunia, adalah perempuan Sholeh "



Artinya  : "Perempuan yang baik itu yaitu bila kau lihat menyenangkan bila kau perintah mematuhimu, bila kau beri janji di terimanya dengan baik dan bila kau pergi, dirinya dan hartanmu dijaganya dengan baik pula."

agama islam memberikan tuntunan bagaimana mencari jodoh yang baik, dalam hal memilih perempuan sebagai calon istri, Rasulullah mengajarkan ummatnya dengan sabdanya sebagai berikut  :




Artinya : "Wanita itu dikawini karen empat hal : Karena hartanya keturunannya, kecantikannya dan agamanya pilihlah yang beragama dengan baik, niscaya kau akan beruntung "(H.R, Muttafaq Alaih)

Agar calon suami istri tahu dan mengenal keadaan masing masing serta dapat menunjukan kerelaan untuk melangsungkan pernikahan, maka agama mengadakan lembaga khitbah (meminang) yaitu melamar untuk menyatakan permintaan atau ajakan mengikat perjodohan dari seorang laki - laki kepada seorang perempuan yang dipinang Dalam memilih (meminang) terkandung arti penelitian dan kehati - hatian dalam memilih jodoh. Dalil yang membolehkan melakukan pinangan antar lain firman Allah dalam Al - Qur-an :



Artinya  :  " dan tak ada dosa bagi kamu meminang wanita itu dengan sendirian yang baik " (Al - Baqarah, 234)
dalam meminang dibolehkan melihat perempuan yang di pinang sebagaimana dinyatakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Jabir :





Artinya  : "Apabila salah seorang di antara kamu memingan seorang perempuan , sekiranya dia dapat melihatnya apa yang dapat mendorong dia untuk melihatnya, maka hendaklah ia lakukan" (H.R. Ahmad dan Abu Dau)
menurut para 'Ulama ada beberapa pendapat tentang batas kebolehan melihat seorang perempuan yang hendak dipinangya.
  1.    Jumhur 'Ulama  :  Bagian badan yaang boleh dilihat yaitu muda dan telapak tangan dengan melihat mukanya dapat diketahui cantik tidaknya, dan melihat mukanya dapat diketahui cantik tidaknya dan dengn melihat telapak tangannya dapat kita ketahui badannya subur atau tidak.
  2. Imam Daud    : seluruh badan perempuan yang hendak dipinang boleh di lihat.
  3. Imam Auza'i   : Tempat tempat yang diberdaging saja yang boleh di lihat.
  









Kamis, 27 Juni 2013

Mobil Unik Khas Plered Purwakarta

Hari Ini kebetulan saya disuruh sama teman buat jagain warnet di daerah plered sana, saya yang sehari harinya berkeliaran kalo di suruh jaga warnet yaa pasti mau atuhh soalnya saya udah lama nggak postingan niih..haha ga apa apa ga di kasih uang juga asal saya bisa postingan nah yang mau saya posting kali ini adalah tentang mobil di daerah plered tepatnya di citeko di kawasan Industri Genteng kawasan ini sudah nggak ramah lingkungan banyak nya orang orang yang membangun bangunan toko dan kaya ruko membuat lingkungan daerah sana nggak GO Green lagi, Citeko ini adalah daerah yang kebanyakan orang orangnya hidup dengan mencari nafkah di industri Genteng Pembuatan genteng. dan kebetulan juga saya tinggal di daerah sana .tapi saya belum pernah kerja di parbrik genteng, alesannya orangnya gampang sakit, selama saya tinggal di Citeko banyak sekali ilmu yang saya dapatkan mulai dari pengajian Ilmu Ekonomi dan yang paling bersukur lagi adalah dengan adanya kehidupan yang masih AGamis yang masih lengket dan hampir pudar di makan jaman, terlalu banyak basa basi  kali ini saya akan bagikan mobil yang unik menurut saya walapun nggak sama sekali tapi saya bangga soalnya di Citeko udah bisa nyiptain Mobil Unik yang nggak kalah sama mahasiswa mahasiswa di jakarta sana di citeko juga ada yaitu pencipta pertama yang namanya Cep Ana ane lupa sih nama aslinya tapi beliau sering di panggil nama itu oleh semua orang.. beliau ini sudah Meninggal tahun kemarin kalo nggak salah mah.. beliau sudah menciptakan beberapa banyak mobil unik dan robot robot unik , seperti Cepot yang naik sepeda yang suka mengisi acara Agustusan di pinggir jalan Terus terus mobil yang Sering di pake di tempat industri genteng yang gunanya untuk memperhalus tanah dan mencetak tanah yang di sebut Molen Sama Rontog, pengen tau kaya gimana rontog..
Inilah Mobil Unik hehe.
Genteng citeko kalo nggak ada mobil kaya gini tekstur gentengnya kasar bisa bisa gentengnya sering pecah kalo di masukin ke open pengeringan 
kalo pengen tahu cara kinerjanya nanti saya akan postingkan di youtube..
nah itulah karya anak bangsa walaupun kategorinya bisa di bilang amatiran tapi Pak Cep ana sudah mendapat penghargaan orang pertama menciptakan robot cepot.

Kamis, 20 Juni 2013

Tips Agar Nggak Ketemu Roh Gentayangan Di Jalan

kali ini saya akan membagikan sebuah tips n trik gimana caranya kita agar nggak ketemu aruah yang sering liat kita atau ganggu kita sebelum itu saya akan bagikan sebuah tempat yang rawan yang haruus di perhatikan ketika mau jalan jalan ke bendungan cirata yaitu daerah harus di wasapadai kita akan memasuki portal pertama dan akan menginjak jalan tikungan yang pertama nah yang harus kalian waspadai yaitu di tikungan kedua yang tikungannya seperti Huruf U. tikungan ini memang sangat rawan mengingat kaya Huruf U.  banyak kejadian kejadian yang sering terjadi disana mulai dari anak yang ke gencet mobil terus wanita yang di kubur di sana dan masih banyak lagi kejadian yang mengerikan di daerah sana yang harus kita perhatikan adalah kita harus konsentrasi dan intinya kita harus ELING pada Gusti Allah dan yang penting lagi adalah kita harus Hadiah di khususkan buat daerah sana dengan membacakan Surat Al Fatihah satu kali Roh Roh disana akan merasa enak dan nggak akan ke ganggu kita itu yang saya mau bagikan sebab kenapa, karena  ruh ruh yang sering menampakan diri itu adalah Ruh yang banyak dosannya, kata ustad Roh yang banyak dosanya di simpannya di antara langit dan bumi.

Bulan Sya'ban

sekarang udah masuk bulan sya'ban dimana ini adalah bulannya banyak pahala karena bulan ini kalo kita membuat sedikit kebaikan akan di tambah pahalanya 7x lipat itu kata kiai malkum ane tadi baru ikutan rotinan .....

Selasa, 14 Mei 2013

Rahasia Pernafasan Panjang

Halo berjumpa lagi dengan saya Udah lama nggak posting posting nih..saya ingin berbagi sedikit  ilmu untuk agan agan yang suka bernyanyi bagaimana berlatih vocal walaupun tutorialnya kurang kumplit tapi sangat bermanfaat sekali saya juga  ingin memberi semangat untuk agan agan buat berlatih karena tanpa latihan suara kalian akan seperti itu dan saya ingin memberi tahu kepada anda yang belum mengenal dunia vocal bahwa untuk bernyanyi manusia membutuhkan element penting  dan itu yang paling penting dan paling basic dan itu tidak bisa di ganggu gugat yaitu adalah pernapasan, pernafasan  adalah paling penting  suara anda tanpa penapasan yang baik maka suara anda nggak akan tercipta dengan baik hehe saya juga baru belajar gan bukannya saya sok jago ngasih tips ini kita disini sama sama untuk belajar
PERAPASAN DADA :
Pernapasan dada adalah pernapasan yang dangkal yang mengeluarkan udara udara di dalam tubuh kita yang sangat pendek bahu tubuh kita naik dan dadanya juga kita naik. Pernapasan dada itu kurang baik untuk bernyanyi karena di penapasan yang dangkal di saat kita nanyi nada yang panjang atau yang tinggi susah untuk di control dan akan susah mengontrolnya.

PERNAPASAN PERUT
Pernapasan perut adalah  pundak dan dadanya nggak naik tapi perutnya mengembang kalo bisa mengbangnya nggak kedepan tapi ke samping Pernafasan ini di sebut  pernapasan diafragma letaknya adalah di sekat rongga dada jadi kaya mengembangkan sekat rongga dada adanya di perut bagian bawah dan agak tengah dan ketika bernapas anda bisa merasakan bagian pinggang sebelah kanan kiri anda mengmbang kaya meremas botol minuman Pernpasan perut itu pernapasan yang baik yang dalam perutnya bagian dalam  kebanyakan udara itu masuk kebagian perut 
Cara melatih pernapasan perut sangat banyak sekali orang ngshare di situs situs tapi yang saya ambil ada 2 cara  dan saya akan bagikan 2 cara aja
1.       Pertama  dengan cara kita seperti menghisap atau menghirup wangi masakan atau bunga melat atau dengan cara seperti mau olahraga scot jam tangan kita bertumpu ke lantai terus tarik nafas maka yang akan berubah itu perut kita.
2.       ambil pernapasan dari diafragma anda tahan nafas anda selama 10 detik ketika sudah mencapai 10 detik  jangan langsung buang udaranya tetapi desiskan di buangnya dengan cara mendesiiiss setelah anda tahan nafas 10 detik desiskan sampai nafas anda habis ingat  desiskannya dengan cara rapih teratur kaya keluar kentut yang bunyiinya  ciiiiiiiisssss,,,hehe seirit iritnya anda bisa mendengar suara anda dengan suara halus dan lembut tidak terlalu harus kedengaran seririt iritnya sampel napas anda habis anda liat sampai napas anda habis mencapai beberapa detik kalo ternyata tidak lebih dari 15 detik anda harus latihan harus lebih dari 15 detik desisnya jadi tahan nafas 10 deitk di lanjutkan dengan desisan 15 detik.kalo anda bisa lebih dari 15 detik lakukan lah hingga nafas anda habis ketika anda merasa latihan ini sudah bisa sudah gampang coba di naikin tahan nafas andanya 15 detik ketika tahan nafasnya udah 15 detik terus desisannya 15 detik atau lebih itu anda sudah termasuk  jago dan bisa mengeluarka nada nada yang panjang.
Dan masih banyak lagi cara melatihnya tapi saya cuman  bagikan 2 soalnya ini juga sudah cukup membantu agan agan buat latihan vocal, selain cara itu ada juga dengan kita mengurangi ngerokok terus makan makanan yang berlemak, dan ada lagi kata orang orang lagi dengan cara meminum air embun yang di simpang di malam hari terus di minumnya pagi. Ada juga yang harus mandi setiap subuh supaya paru paru kita sehat nah sangat membantu sekali gan dengan latihan ini hampir setiap keseluruhan pasti menggunakan pernafasan diafragma saya ambil dari youtube banyak video video lainnya yang ngshare tutorial pernapasan tersebut mulai dari belajart suara scream growl guttural pasti menggunakan pernapasan diafragma. Cukup sekian mudah mudahan membantu  ane ngambil sumber dari youtube. Kalo nggak salah pondok daud music club.

Kata - kata Aneh Ala Citeko (Bahasa Planet)

sudah lama nggak posting nih gan masalah postingan ini ane bingung mau postingkan apa soalnnya udah ada yang posting orang lain maklum di dunia internet ini semuanya pasti ada nggak ada yang mustahil apapun ada mulai dari yang nggak ada di pikiran disini pasti ada.. tapi kali ini saya akan postingan tentang kata kata gaul yang sering di ucapakan oleh orang citeko atau bahasa intlektualnya adalah bahasa Planet kenapa kita bisa bilang begitu karena bahasa ini nggak ada yang bakalan ngerti orang orang walaupun orang sunda juga ...apalagi orang jakarta waah dia bakalan kekelawakann kalau ngedengerinnya pasti dia akan bertanya - tanya wah ini bahasa apaan yaa.. bahasa ini bahasa sunda tapi di balik balikan walaupun kedengarannya biasa saja tapi kalo kita memperhatikannya bakalan aneh sekali, bahasanya yang nggak sama dengan yang di balikannya. seperti apa coba saya akan bagikan sedikit kata kata yang sering di pakai oleh orang orang daerah saya. mungkin kedengarannya agak alai tapi menarik buat ngomongin seseorang yang sedang duduk di pinggir kita  contohnya kaya gini nih kalo kita lagi naik angkot terus kalo di angkot itu kan pasti berdampingan pasti ada pasangan penumpangnya tapi kita itu naik sama teman sekampung kita nah terus liat di pinggir saya ada orang yang upilnya keluar nongtot kalo bahasa sundanya.. nah apa yang akan anda lakukan kalo langsung bicara pada orangnya nggaak bakalan mungkin soalnya kita kan ngak kenal kalo misalkan di kasih tau pak itu upilnya agak keluar sedikit pasti dia akan malu kita kaan harus jaga persaaan seseorang nah untuk di jadikan pengalaman tersenyum nya kita  ceritakan pada teman sekampung kita kaya (hey lur ingilet aya alamej ngorek na tot nong rigegeun henom).. nah coba gan hayoo siapa yang ngertii ini bahasa yang aneh sekali  coba kita terjemahkan satu persatu  (hey lur) itu artinya nyapa teman kita, kalo Ingilet  (tingali) kalo melayunya liat (aya) itu artinya ada (Alamej) itu artinya Jelema kalo indonesia nya orang (ngorek) itu artinya Korong kalo bahasa indonesianya UPIL (na) itu artinya di  (Tot Nong)  (rigegeun) itu artinya gigireun  kalo bahasa indonesianya sebelah (henom) artinya Maneh kalo bahasa indonesianya kamu nah gito walaupun tidak tepat kata kata yang di balikannya tapi enak untuk di sebutinnya..  masih banyak lagi saya akan bagikan di bawaah ini kata kata yang aneh yang sering di katakan oleh orang citeko hahaha..
kileb=balik=pulang
indem=mandi=mandi
rahed=dahar=makan
nile=ulin=maen
nganem=menang=dapat
dan masih banyak lagi kata kata yang sering di gunakan oleh orang orang daerah saya nanti saya akan bagikan lagi 



 

Kamis, 02 Mei 2013

Cetakan Genteng Pertama



Siang menjelang sore membuat artikel dengan segelas susu yang masih panas  membuat ketikan ku jadi tambah semangat sambil di barengi dengan music metalcore tambah semangat ,lagi.aah terlalu di deramatisir  euy..  Langsung ajaa ah,,agan agan pernah tahu ga? Tentang genteng ciiteko yang terletak di kawasan kota keramik plered, purwakarta. Barang kali udah pada tahu yaa soalnya udah terkenal sih se Indonesia mah,, haha PD abiiiis..!! industri genteng memang menurut sepengetahuan saya ada dua yaitu di Jatiwangi dan Citeko nah berhubung saya asli orang citeko saya mo menceritakan sedikit tentang genteng citeko, genteng citeko adalah genteng yang berdiri sejak Tahun 50-n (sumber Pengrajin genteng Tua) pada waktu itu  pengrajin yang terkenal di jaman itu yaitu pak humaedi, pak humaedi adalah pengrajin pertama genteng citeko beliau tinggal di daerah citeko yang sekarang masih di terusin sama anaknya yaitu pak haji idar. Pada waktu itu pembuatan gentengnya masih menggunakan alat alat tradisional dengan di buat dari kayu yang di ukir sedemikian rupa hingga mirip cetakan genteng cetakan genteng ini di sebut cetakan genteng  KESER dan PALENTONG. Di  citeko pabrik yang masih menggunakan cetakan tradisional bisa terbilang sedikit dan bisa di katakan hamper punah, pertama yang saya tahu di daerah citeko tepatnya di rumah H Ubed yang  pabriknya terletak di  di depan rumahnya



pabrik  ini sudah berdiri sejak dulu pada tahun….. yang kedua di daerah Jilegong daerah pamoyanan pabrik ini bisa terbilang sedikit lah kalo di citeko mah mengingat penghasilannya nggak menghasilkan banyak uang cumin bisa buat resiko dapur aja beda dengan pabrik genteng lainya yang menggunakan alat modern dan serba canggih. Dia meghasilkan banyak uang per minggunya seperti  Pabrik Genteng Bintang Timbul, Merapi, Pabrik yang bisa di katakan pabrik Gede..nah kenapa saya postingkan artikel ini saya merasa pengen mempertahankan warisan leluhur daerah saya , yang hamper di telan jma
 daerah Jilegong.. desa pamoyanan sana
 bentuknya seperti di bawah ini




Dan yang kedua seperti ini



Cetakan seperti ini sudah sangat langka sekali mengingat sekarang sudah memakai alat alat yang lumayan agak modern lah di banding yang dulu mah. Sekarang sudah memakai yang namanya PRESSAN, atau UNGKIT, dan memakai mesin penghalus Tanah mesin ini d sebut Rontog.




Kenapa pake mesin ini sebab Tanah yang di pakai buat membuat genteng sudah banyak yang kasar sehingga harus di haluskan lagi, tapi kalo jaman dulu mah nggak kata pengrajin genteng dahulu mah katanya langsung di adonan az.. atau di luluh proses luluh adalah proses dari tanah yang udah di saring oleh mesin tadi trus di campur dengan air hingga menjadi lembut  ini gambar hasil Kepokan



Nah kalo foto yang ini adalah pekerja yang lagi mejiplak genteng yang dicetak pake cetakan yang tadi
Yang